Pengertian Flowchart, Fungsi, Jenis, Simbol dan Contohnya (2023)

Daftar Isi

Pengertian Flowchart

Pengertian Flowchart merupakan suatu urutan proses kegiatan/aktivitas yang digambarkan di dalam bentuk simbol. Flowchart (bagan alir) ini pun juga kemudian didefinisikan sebagai diagram yang menyatakan mengenai aliran proses dengan cara memakai anotasi- anotasi seperti misalnya ialah seperti persegi, oval, panah, wajik dll.

Penggunaan flowchart ini sangat penting, Bahkan Dr. Kauro Ishikawa yang merupakan seorang ahli teori organisasi, kemudian menjadikannya ialah sebagai 1 dari 7 alat (tools) kualitas dasar (7 basic quality tools) yang kemudian harus atau wajib untuk dapat dikuasai para anggota Quality Control Circle atau pun juga gugus kendali kualitas.

Dengan melalui flowchart, kita kemudian dapat atau bisa melihat langkah-langkah proses dengan secara mendetail, lengkap dengan aktivitas/aktivitas yang terjadi. Flowchart ini kemudian banyak dipergunakan sebagai alat komunikasi serta dokumentasi.

Tujuan Membuat Flowchart

Menggambarkan urutan atau pun tahapan dari penyelesaian masalah
Menggambarkan permasalahan dengan secara sederhana, terurai, rapi serta jelas.

Cara Membuat Flowchart

Di dalam pembuatan flowchart tidak terdapat rumus atau juga patokan yang memiliki sifat mutlak. Disebabkan karna flowchart ini merupakan suatu gambaran hasil pemikiran di dalam menganalisa suatu masalah dengan komputer. Sehingga flowchart yang dihasilkan bisa atau dapat bervariasi antara 1 pemrogram yakni dengan pemrogram lainnya.

Namun secara garis besar, tiap-tiap pengolahan selalu terdiri dari 3 bagian utama, diantaranya sebagai berikut ;

  1. Input berupa bahan mentah
  2. Proses pengolahan
  3. Output berupa bahan jadi.

Untuk pengolahan data dengan komputer, tersebut dapat atau bisa dirangkum urutan dasar di dalam pemecahan suatu masalah, diantaranya sebagai berikut ;

  • START : Berisi intruksi mengenai persiapan peralatan yang di perlukan sebelum menangani pemecahan masalah
  • READ : Berisi instruksi untuk dapat membaca data dari suatu peralatan input.
    Сara mudah mengajak pasangan tersebut lebih dekat setelah lama tidak …
  • PROCESS : Berisi suatu aktivitas yang berhubungan/berkaitan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang dibaca.
  • WRITE : Berisi mengenai instruksi untuk merekam hasil kegiatan atau aktivitas ke perlatan output.
  • END : Mengakhiri kegiatan atau aktivitas pengolahan

Fungsi Flowchart

Flowchart program ini mempunyai 4 fungsi, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Memastikan Program Memiliki Alurnya Sendiri

Flowchart ini bisa atau dapat membantu programmer untuk kemudian melihat alur atau pola pada saat akan mem-build sebuah program/aplikasi. Dengan hal tersebut kemudian, dapat mencegah malfungsi dari program komputer yang sedang dibuat. Program atau pun juga aplikasi yang dihasilkan juga bisa bekerja dengan secara optimal.

2. Melihat Keseluruhan Program

Flowchart ini juga membantu di dalam melihat rangkaian program dengan secara keseluruhan (universal). Hal tersebut tentu akan memudahkan siapa pun untuk bisa melihat rancangan suatu program, tak terbatas bagi programmer saja.

3. Melihat Proses dari Program Pada saat Dijalankan

Hal ini masih ada hubunganya dengan fungsi flowchart dipoin kedua. Flowchart program tersebut bisa atau dapat dipakai untuk melihat proses-proses yang kemudian akan terjadi pada saat program dijalankan.

Artinya, Anda kemudian bisa melihat penjelasan dari tiap-tiap proses di dalam program. Misalnya saja pada saat akan membuat aplikasi neraca keuangan.

Di dalam neraca keuangan misalnya saja ada input penjualan. Nah, dengan melalui flowchart program tersebut laha kemudian kita bisa melihat bagaimana proses input penjualan itu diperoleh, lengkap dengan dari mana data tersebut itu didapatkan.

4. Pedoman dalam Menyusun atau Mengembangan Aplikasi

Fungsi flowchart program ini ialah menjadi pedoman di dalam menyusun atau pun jgua mengembangkan aplikasi. Mirip dengan fungsi pada flowchart umunya, flowchart program tersebut juga bisa dipakai/digunakan untuk dapat melihat alur atau juga tahapan suatu proses program..

Lengkap dengan kegiatan yang terjadi. Hal tersebut tentu akan banyak sekali membantu disaat pembuatan atau pun pada saat pengembangan sebuah program.

Jenis Flowchart

Flowchart ini setidaknya ada 5 jenis. Dibawah ini merupaan penjelasan singkat dari tiap-tiap jenis flowchart, diantaranya sebagai berikut :

1. Flowchart Sistem (System Flowchart)

Flowchart sistem atau pun bagan alir sistem ini adalah bagan yang menunjukkan proses pekerjaan di dalam sistem. Bagan tersebut kemudian akan menggambarkan arus pekerjaan dengan secara mendetail serta menyeluruh. Jadi, kamu dapa tatu bisa melihat urutan-urutan pada proses/prosedur di dalam sistem.

2. Flowchart Dokumen (Document Flowchart)

Flowchart dokumen disebut juga dengan sebnutan flowchart formuliran diagram alir yang kemudian menggambarkan mengenai suatu proses dari laporan serta juga formulir lengkap dengan tembusannya. Simbol-simbol yang kemudian dipakai pada flowchart dokumen ini juga masih sama dengan flowchart sistem.

3. Flowchart Skematis (Schematic Flowchart)

Flowchart skematis ini dapat dibilang menyerupai flowchart sistem, disebabkan oleh karna memang untuk kedua flowchart tersebut sama-sama dipakai/digunakan untuk dapat menggambarkan prosedur atau proses di dalam suatu sistem. Simbol-simbol yang kemudian dipakai keduanya pun sama.

Hanya saja, flowchart skematis (schematic flowchart) ini mempunyai atau memiliki simbol yang lebih beragam.
Artinya Simbol dari flowchart skematis ini lebih beragam dan kompleks, serta juga memakai/menggunakan gambar-gambar komputer dan juga peralatan(tools) lainnya.

Hal tersebut kemudian bertujuan untuk dapat memudahkan orang-orang yang tidak familier dengan simbol-simbol di dalam flowchart untuk membaca informasi yang disampaikan. Namun sayangnya, pembuatan flowchart ini juga memakan waktu lebih lama.

4. Flowchart Program (Program Flowchart)

Flowchart program ini merupakan suatu bagan alir yang menggambarkan mengenai tahapan di dalam suatu proses sebuah program. Flowchart ini adalah suatu produk ‘turunan’ dari flowchart sistem. Hal tersebut guna memudahkan analis sistem serta programmer di dalam memahami suatu program.

Secara umum flowchart program tersebut kemudian terbagi menjadi dua, diantaranya flowchart logika program (program logic flowchart) serta juga flowchart program komputer terperinci (detailed computer program flowchart).

5. Flowchart Proses (Process Flowchart)

Flowchart proses disebut juga dengan process flowchart. Flowchart tersebut banyak dipakai pada sektor industri (bagian produksi) serta juga juga analis sistem.

Fungsi flowchart ini untuk kemudian melihat prosedur di dalam suatu proses produksi. Selain dari hal itu, flowchart proses ini juga banyak dipakai di dalam melihat jarak dari langkah 1 ke langkah 2 dst, lengkap dengan waktu proses yang diperlukan.

Simbol Flowchart

Dibawah ini merupakan simbol flowchart umum sering dipakai, diantaranya sebagai berikut :

Flow Direction Symbols

Merupakan simbol yang dipakai untuk menghubungkan antara simbol 1 dengan simbol lainnya atau pun juga dikenal dengan connecting line

Arus / FlowMerupakan Penghubung antara prosedur atau proses
ConnectorMerupakan Simbol keluar/masuk prosedur atau proses di dalam lembar/halaman yang sama
Off-line ConnectorMerupakan suatu Simbol keluar/masuk prosedur atau pun juga proses di dalam lembar/halaman yang lain

Processing Symbols

Ini merupakan simbol yang menunjukkan jenis operasi pengolahan di dalam suatu prosedur

ProcessMerupakan Simbol yang menunjukkan pada pengolahan yang dilakukan Komputer
DecisionMerupakan Simbol untuk kondisi yang kemudian akan menghasilkan beberapa kemungkinan atas jawaban/aksi
Predefined ProcessMerupakan suatu simbol untuk mempersiapkan suatu penyimpanan yang kemudian dipakai/digunakan yakni sebagai tempat pengolahan didalam suatu storage
TerminalMerupakan Simbol untuk permulaan atau pun akhir dari suatu program
Manual InputMerupakan Simbol untuk pemasukan data dengan secara manual on-line keyboard

Input Output Symbols

Simbol yang kemudian digunakan atau dipakai untuk menyatakan jenis peralatan yang dipakai yakni sebagai media input atau output

Input-OutputMerupakan Simbol yang kemudian menyatakan suatu proses input serta juga output itu tanpa tergantung dengan jenis peralatannya
DocumentMerupakan suatu Simbol yang menyatakan tentang input berasal dari dokumen didalam bentuk suatu kertas atau pun juga output di cetak dikertas
Disk and On-line StorageMerupakan Simbol untuk menyatakan input yang berasal dari disk atau juga output di simpan ke disk

Contoh Flowchart

Dibawah Ini merupakan beberapa contoh flowchart diantaranya sebagai berikut :

Contoh Flowchart Sistem (System Flowchart)

Contoh Flowchart Dokumen (Document Flowchart)

Contoh Flowchart Skematis (Schematic Flowchart)

Contoh Flowchart Program (Program Flowchart)

Contoh Flowchart Proses (Process Flowchart)

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Flowchart, Fungsi, Jenis, Simbol dan Contoh. kami berharap apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga √ Pengertian Kecerdasan Buatan (AI)
Baca Juga Pengertian Organisasi
Baca Juga √ Pengertian Asimilasi
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Patricia Veum II

Last Updated: 11/07/2022

Views: 5980

Rating: 4.3 / 5 (44 voted)

Reviews: 91% of readers found this page helpful

Author information

Name: Patricia Veum II

Birthday: 1994-12-16

Address: 2064 Little Summit, Goldieton, MS 97651-0862

Phone: +6873952696715

Job: Principal Officer

Hobby: Rafting, Cabaret, Candle making, Jigsaw puzzles, Inline skating, Magic, Graffiti

Introduction: My name is Patricia Veum II, I am a vast, combative, smiling, famous, inexpensive, zealous, sparkling person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.